I Made Riko Adi Saputra. Powered by Blogger.

Wednesday, 2 May 2012

Deskripsi Tugas Akhir Pemrograman Lanjut


Nama Program           :    Program Menu Makanan Express
Tujuan Program      :   Program ini bertujuan untuk membuat sebuah pencatatan dan penyusunan menu makanan yang ada di sebuah tempat makan.

Fitur-fitur program ini saya bagi menjadi 8 menu yang dapat dipilih oleh user. User dalam hal ini adalah petugas tempat makan. Cara kerja program ini adalah user pertama kali memilih menu-menu yang telah tersedia misalnya untuk menu 1 yaitu buat daftar menu dan jumlah menu, kemudian memilih menu selanjutnya dan menu-menu yang diinginkan. Output yang dihasilkan adalah menampilkan hasil yang telah diinputkan oleh user ke layar. Diantara 8 menu tersebut antara lain yaitu:
 
1.      Buat Daftar Menu dan Jumlah Menu.
Menu ini digunakan untuk membuat daftar dan memesan jumlah menu makanan.
Cara kerja menu ini adalah ketika ada seorang pembeli maka user akan menginputkan berapa jumlah menu yang akan dipesan. Setelah diinputkan, program akan memberi tahu bahwa user telah berhasil membuat dan memesan jumlah menu makanan. Apabila user telah berhasil memesan jumlah menu yang dipesan tersebut maka user tidak bisa memesan jumlah menu makanan ini kembali.

2.      Tambah Daftar Menu dan Jumlah Menu.
Menu ini digunakan untuk menambah daftar dan jumlah menu makanan yang telah dipesan saat pertama kali.
Cara kerja menu ini adalah ketika ada seorang pembeli yang ingin menambah jumlah menu makanan dari menu sebelumnya maka user akan menginputkan berapa jumlah daftar menu yang akan ditambah. Setelah diinputkan, program akan memberi tahu bahwa user telah berhasil menambah daftar dan jumlah menu makanan tersebut.
Apabila user pertama kali belum memesan jumlah menu makanan dan user memilih menu ini maka program akan menampilkan bahwa daftar menu belum dipesan, artinya pembeli harus memesan jumlah menu makanan.

3.      Ubah Daftar Menu dan Jumlah Menu.
Menu ini digunakan untuk mengubah daftar dan jumlah menu makanan yang telah dipesan sebelumnya.
Cara kerja menu ini adalah ketika ada seorang pembeli yang ingin mengubah daftar jumlah menu yang sudah dipesan sebelumnya maka user harus menginputkan berapa jumlah daftar menu yang ingin diubah. Setelah diinputkan, program akan memberi tahu bahwa user telah berhasil mengubah daftar dan jumlah menu makanan tersebut. Apabila user pertama kali belum memesan jumlah menu makanan dan user memilih menu ini maka program akan menampilkan bahwa daftar menu belum dipesan.

4.      Pesan Menu Makanan.
Menu ini digunakan untuk memesan nama-nama makanan ataupun minuman yang dipesan oleh pembeli.
Cara kerja menu ini adalah ketika ada seorang pembeli yang sudah memesan daftar jumlah menu makanan sebelumnya dan ingin memesan makanan atau minuman maka user akan menginputkan nomor ID, nama menu makanan, deskripsi menu makanan, dan harga setiap makanan tersebut. Apabila ada seorang pembeli lagi dan ingin memesan makanan atau minuman dan user menginputkan nomer ID yang sama maka program akan memberi tahu bahwa nomer ID sudah digunakan, maka user harus menginputkan nomer ID yang lain. Apabila daftar jumlah menu makanan sudah dipesan semua maka program akan memberi tahu bahwa daftar menu sudah penuh. Apabila user pertama kali belum memesan jumlah menu makanan dan user memilih menu ini maka program akan menampilkan bahwa menu masih kosong.

5.      Lihat Daftar Menu Makanan.
Menu ini digunakan untuk menampilkan hasil menu-menu makanan yang sudah dibeli oleh pembeli.
Cara kerja menu ini adalah setelah pembeli sudah memesan semua makanan yang diinginkan maka user akan memilih menu ini untuk diperlihatkan kepada seorang pembeli tersebut agar dicek kembali apakah pembeli sudah yakin atau belum dengan menu makanan yang sudah dipesan. Jika pembeli tidak yakin atau ingin mengubah menu makanan yang sudah dipesan maka user dapat memilih menu yang telah disediakan dalam program.

6.      Hapus Salah Satu Menu Makanan.
Menu ini digunakan untuk menghapus salah satu menu makanan yang telah dipesan oleh pembeli sebelumnya.
Cara kerja menu ini adalah setelah pembeli tadi diperlihatkan daftar menu makanan yang sudah dipesan dan pembeli ingin menghapus salah satu menu tadi maka user akan memilih menu ini untuk menghapus menu makanan yang diinginkan oleh pembeli.

7.      Hapus Semua Daftar Menu Makanan.
Menu ini digunakan untuk menghapus semua menu makanan yang telah dipesan oleh pembeli sebelumnya.
Cara kerja menu ini adalah setelah pembeli yang pertama tadi sudah selesai membeli makanan dan membayar kemudian ada pembeli selanjutnya maka user akan memilih menu ini agar program bisa digunakan lagi.

8.      Keluar.
Menu ini digunakan untuk keluar dari program


0 comments

Post a Comment

Google+ Badge