I Made Riko Adi Saputra. Powered by Blogger.

Saturday, 14 January 2012

DESAIN KOSTUM FUTSAL UNIKAHIDHA

Baik, menanggapi pesanan yang sudah lama sekali disampaikan oleh Bli Yogi (UNIKAHIDHA 2010) tentang desain kostum futsal UNIKAHIDHA. Sebelumnya saya ingin sedikit cerita terlebih dahulu. Kemarin, tepatnya Jumat, 13 Januari 2012 saya mendapat sms yang berbunyi begini:

OSA…  
Temen2 yg dpet sms ini..
Kalian smua masuk anggota UK FC..
OSSSO…

Sebenarnya saya agak sedikit kaget, kenapa demikian?
Saya yang notabena tidak terlalu handal dalam bermain futsal justru terpilih dan masuk sebagai anggota UK FC (bagi yang belu tahu UK FC adalah singkatan dari UNIKAHIDHA Futsal Club). Beribu tanda Tanya saya lontarkan dalam diri saya sendiri, apa tidak salah ya memilih saya? Atau mungkin saya mendapat sms nyasar? Ternyata tidak. Setelah saya tanyakan kepastian dari penanggung jawab UK FC, Dewa Yogi, ternyata memang benar saya masuk skuad team.
Yah, mungkin kedepannya lebih baik saya dimasukkan kedalam Official team saja, soalnya saya tidak terlalu jago dalam mengolah si kulit bundar.

Kembali ke pesanan tadi.
Request ini sebenarnya sudah disampaikan sejak akhir Desember 2011, tapi karena berbenturan dengan tahun baru dan UAS akhirnya desainnya baru sempat saya garap kemarin (mohon maaf ya kepada bli Yogi, hhehhe ).

Ok langsung saja kita ke TKP, ke desainnya maksud saya :D

Inilah desain baju futsal UNIKAHIDHA. Desain ini sebenarnya mengambil konsep Tri Datu (Merah, Putih, Hitam). Tri Datu (Tiga Warna Suci), Tiga warna ini menggambarkan Tri Murti, yaitu tiga manifestasi Tuhan sebagai pencipta, pemelihara, dan pelebur (Brahma,Wisnu,Siwa). Dengan kata lain, agar para pemain nantinya memiliki semangat Tri Datu dalam membela UNIKAHIDHA.
Mungkin sekian tanggapan dan penjelasan  mengenai desain kostum futsal UNIKAHIDHA, kalau ada masukkan dan pertanyaan silahkan komen dibawah ya :)

Read More

AGAK KOCAK DIKIT, DIKIT AJE YEE

Si Asep sedang membaca emailnya, dan ada artikel menarik tentang cara berkenalan dengan (baca: merayu) cewek. Salah satunya adalah dengan memulai perbincangan seperti berikut :

Cowok : "Maaf, mbak. Mbak punya obeng, ngga?"
Cewek : "Ha? Nggak.."
Cowok : "Kalo nomer hp punya kan?"

.....

Akhirnya, Asep Surasep ingin mencoba "rayuan maut" tersebut.
Dan... Di suatu taman...

Asep : "Maaf, mbak. Mbak punya obeng nggak?"
Cewek : "Punya... Mau yang plus atau minus?"
Asep : "Eh?!?,..ngg..yang minus aja mbak. Kalo palu punya nggak?"
Cewek : "Punya juga.. nih.."
Asep : "(Damn..) ?? Kalo kunci inggris, ada nggak?" (dengan penuh pengharapan agar si cewek menjawab "tidak")
Cewek : "Ooo.. itu juga ada... dari ukuran 10 sampai 20. Mas mau yang mana?"
Asep : "(buset...).. DAAMMMN...!! F&^%**K.... To the point aja deh, mbak. Mbak punya nomer hape nggak?"
Cewek : "Ooo.. ini.. (sambil menyodorkan kartu nama dan brosur Ace hardware). Kalo mas butuh perkakas, hubungi saya aja. Saya kebetulan di bagian sales Ace Hardware, pusat perkakas yang terlengkap. Ace hardware gitu lho!!!..."
Asep : "....nasiiib...." (sambil pergi dengan tertunduk lesu..)
Read More

Friday, 13 January 2012

SAYA BELAJAR!

Saya belajar,
Bahwa saya tidak dapat memaksa orang lain mencintai saya
Saya hanya dapat melakukan sesuatu untuk orang yang saya cintai…
Saya belajar,
Bahwa butuh waktu bertahun – tahun untuk membangun kepercayaan..
Dan beberapa detik saja untuk membangunnya…
Saya belajar,
Bahwa orang yang saya kira jahat,
Adalah orang yang membangkitkan semangat hidup saya serta begitu
perhatian..
Saya belajar,
Bahwa sahabat terbaik saya dapat melakukan banyak hal
Dan kami selalu memiliki waktu yang terbaik….
Saya belajar,
Bahwa sahabat sejati senantiasa bertumbuh
Walau dipisahkan jarak dan waktu…
Dan beberapa diantaranya melahirkan cinta sejati..
Saya belajar,
Bahwa jika seseorang tidak menunjukkan perhatian seperti yang saya
inginkan,
Bukan berarti dia tidak mencintai saya…..
Saya belajar,
Bahwa sebaik baik pasangan mereka pasti pernah melukai perasaannya
Dan untuk itu kita harus mema’afkan….
Saya belajar,
Bahwa saya harus mengampuni diri sendiri dan orang lain
Kalau tidak mau dikuasai perasaan bersalah terus menerus….
Saya belajar,
Bahwa tidak masalah seberapa buruknya patah hati itu
Karena dunia tidak akan berhenti gara – gara kesedihan saya….
Saya belajar,
Bahwa saya tidak dapat merubah seorang yang saya sayangi
Melainkan bergantung pada diri mereka sendiri….
Saya belajar,
Bahwa lingkungan dapat mempengaruhi pribadi saya
Tapi saya harus bertanggung jawab untuk apa yang saya lakukan….
Saya belajar,
Bahwa dua manusia dapat melihat sebuah benda
Tapi kadang dari sudut pandang yang berbeda….
Saya belajar,
Bahwa tidaklah penting apa yang saya miliki
tapi yang penting adalah siapa saya ini sebenarnya….
Saya belajar,
Bahwa tidak ada yang instan atau serba cepat didunia ini,
Semua butuh proses dan pertumbuhan,kecuali saya ingin sakit hati…
Saya belajar,
Bahwa saya harus memilih apakah menguasai sikap dan emosi
Atau sikap dan emosi itu yang menguasai saya….
Saya belajar,
Bahwa kata – kata manis tanpa tindakan
Adalah saat perpisahan dengan orang yang saya cintai….
Saya belajar,
Bahwa orang – orang yang sangat saya cintai dan kasihi…
Justru sering diambil duluan dari kehidupan saya….
Akhirnya………… “Selamat belajar semoga sadar….!! “
Read More

Tuesday, 10 January 2012

MENEMUKAN MAKNA HIDUP

Kesemuanya dharma (tindakan tepat), artha (keamanan sosial), kama (kenyamanan dasar) dan moksha atau kebebasan - lazimnya dianggap sebagai empat purushartha, empat pilar terpenting dari struktur kehidupan manusia.

Purusharta berasal dari bahasa Sansekerta, sebenarnya terdiri atas dua kata, purusha dan artha. Purusha biasanya diterjemahkan sebagai pria; tapi makna ini, dapat diperluas mencakup wanita juga. Jadi Purusha ialah keduanya, laki-laki dan perempuan - manusia. Artha dapat berarti kekayaan, uang dan bahkan makna. Ini ialah sesuatu yang memberi arti bagi hidupmu. Jadi keempat Purushartha semuanya memberi makna pada kehidupan.

Sekarang, anda tak harus menjadi orang Bali untuk setuju bahwa mereka, sejatinya, merupakan empat hal terpenting dalam hidup ini. Semuanya disebut pilar struktur kehidupan manusia. Kita semua butuh untuk tahu apa yang tepat dan apa yang tidak tepat. Kita semua membutuhkan sesuatu seperti keamanan sosial, kenyamanan dan kebebasan. Itulah kebutuhan dasar dan lazim dari semua manusia.

Bagaimana kita memenuhi kebutuhan itu?

Bagaimana kita menggapainya?

Leluhur kita menasehati kita untuk memulainya dengan dharma. Seseorang harus tahu apa yang tepat, dan apa yang tidak tepat dilakukan. Dengan pemahaman semacam ini, seseorang harus memperoleh kemampuan yang dibutuhkan dan keahlian untuk menjalankan bidang tindakan yang dipilih.

“Dahulukan yang penting,” begitulah nasehat yang dipopulerkan Stephen Covey. Pertama, kita harus mendapatkan dharma. Tanpa kebijaksanaan untuk memilah apa yang tepat dan apa yang tak tepat, kita tak dapat berhasil dalam hidup. Dan untuk mengembangkan kebijaksananaan semacam itu, sangatlah penting bahwa kita memiliki sebuah pikiran yang tajam dan kemauan untuk belajar.

Kebijaksanaan ialah buah dari pembelajaran. Kita belajar dari buku. Kita juga belajar dari mengamati orang lain dan pengalaman hidup mereka. Yang terpenting, kita belajar dari pengalaman kita sendiri. Dalam beberapa tahun pertama kehidupan kita, kita belajar dengan mengamati orang lain. Itu yang kita lakukan saat kita masih anak-anak. Kita tak dapat membaca; kita tak bisa menulis; tapi kita bisa mengamati. Membaca dan menulis datang kemudian - yang pertama ialah observasi.

Anak-anak, yang kekurangan kemampuan pengamatan ini umumnya tak terlalu ingin tahu. Mereka tidak banyak bertanya. Kita mungkin menganggapnya sebagai anak yang bertipe pendiam. Kita mungkin merasa senang dengan hal tersebut, karena mereka tak menggangu kita seperti halnya tipe anak yang suka bertanya. Kendati demikian, hal ini tak bagus. Anak-anak yang kurang observasi tak hanya tumbuh secara kurang bijaksana, tapi juga kurang dinamis. Inilah alasan kenapa kita mempunyai banyak motivator di hari-hari belakangan ini. Sebagian dari kita yang kurang mengobservasi saat masa kanan-kanak tak bisa melakukan apa-apa tanpa mereka. Kita pelu dimotivasi, dan didorong untuk mencapai tujuan kita dalam kehidupan, untuk memenuhi dan meraih segalanya.

Amati anak-anak anda dan periksa seberapa kerap ia melakukan observasi. Anak yang observan bukanlah anak yang nakal dan bandel, tapi ia yang selalu bertanya, “apa ini? apa itu?”. Ini ialah pikiran yang bertanya yang membantu anak mekar menjadi manusia yang utuh. Tanpa pikiran yang bertanya, kita tetaplah separuh manusia. Pikiran yang kritis bertanya, kendati demikian, tak dapat diperbudak. Memang ada komunitas, masyarakat dan sistem sosial yang tak suka dengan pikiran yang kritis. Mereka melecehkan intelegensia. Mereka mengharapkan pikiran yang tumpul yang dapat diarahkan dan dikuasai. Penguasa di manapun, dan di bidang apapun menentang orang cerdas, karena mereka tak bisa diperbudak.

Purushaartha, seperti yang diwariskan leluhur kita, ialah bukan untuk para budak. Selain perbudakan, mereka tak punya pilihan lain dalam hidup. Perbudakan ialah satu-satunya makna dalam hidup mereka. Mereka tak dapat meraih dharma, artha, kama dan moksa. Mereka tak bebas melakukan apapun. Mereka telah diperbudak begitu lama sehingga mereka tak lagi merasa berharga, atau bahkan memahami, arti kebebasan dan kemerdekaan itu sendiri. Sayangnya, perbudakan bukan tradisi yang usang dan mati. Pada zaman Musa perbudakan begitu kasat mata dan dan tumbuh subur. Sekarang kita mempunyai penguasa genre baru. Di mana pemerintah tak lagi kejam, ekonomi, sosial, religius dan institusi yang sejenis lainnya menjadi para penguasa baru. Mereka dapat mengontrol pemerintah dari balik layar sehingga tetap terlihat

Untuk menggapai keempat purushaartha ialah untuk mematahkan rantai perbudakan, dan membebaskan pikiran kita. Tapi seperti yang telah saya katakan, jika kita terlalu lama dipebudak, kita bahkan bisa jadi tak memahami arti kebebasan. Kita mungkin malah menikmati perbudakan, dan merasa nyaman. Oleh sebab itu, dari waktu ke waktu, kita membutuhkan seorang Musa atau seorang Muhammad, seorang Buddha atau seorang Krishna, seorang Washington atau seorang Gandhi untuk menunjukan pada kita jalan keluar dari pebudakan.

Para mesias, nabi, manusia tuhan, avatar atau apapun sebutan anda bagi mereka sebenarnya “orang bebas.” Mereka mengetahui arti kebebasan. Mereka ialah manusia dengan pikiran yang tajam dan intelegensia super. Mereka bisa merangkul keempat Purushartha dan menghayati kehidupan dengan gayanya sendiri. Dan mereka hendak berbagi dengan kita jenis kebebasan yang mereka nikmati. Mereka menghampiri kita untuk menunjukkan pada kita jalan keluar dari perbudakan.

Ya, itu ialah apa yang mereka tepatnya lakukan. Mereka “menunjukkan” pada kita jalan menuju kebebasan, kemandirian, kemerdekaan dan keadilan untuk semua. Kita masih harus menapaki jalan itu. Mereka tak bisa berjalan untuk kita.
Read More

TIPS DAN TRIK DALAM MENGHADAPI UAS

Ujian akhir semester merupakan suatu hal yang harus dihadapi untuk menentukan kemampuan kita dan mengetes seberapa rajin kah kita untuk mengikuti pelajaran di kampus. Bagi sebagian orang itu adalah hal yang biasa, tetapi ada sebagian orang kurang percaya diri dalam menghadapi ujuan akhir semester ini. Semua itu tergantung daripada diri kita sendiri dalam mengatur diri.

Ada beberapa tips & trik yang dapat membantu kita dalam menghadapi UAS

Tips menghadapi UAS
  1. Usahakan dari jauh-jauh hari kita baca buku terlebih dahulu,ingat kita dituntut baca aja dulu bukan untuk menghapal.Karena kalau semakin sering kita membaca maka semakin kita hapal dengan materi-materi tersebut.
  2. Latih kemampuan kita dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia dibuku kita.
  3. Uji terus kemampuan dengan soal-soal sampai anda bisa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaannya, kalau anda menghadapi kesulitan dalam menjawabnya,jangan takut untuk bertanya kepada guru mata pelajarannya.
  4. Jagalah kesehatan anda,karena kalau anda sakit semua pengorbannan akan sia-sia

Trik menghadapi UAS
  1. Yakinkan diri anda bahwa anda adalah orang yang terbaik dikelas anda dan anda siap untuk menjawab soal-soal dengan mudah.
  2. Jauhkan pikiran anda dengan kata menyontek.
  3. Kerjakan yang mudah dulu dan jangan terpaku kepada soal-soal yang susah,jadi kalau ada soal yang susah anda jangan menghabiskan banyak waktu untuk mennjawabnya cari soal yang mudah dulu untuk dikerjakan.
  4. Jangan tegang saat mengahadapi soal-soal.
  5. Dan yang paling penting adalah kita berdoa kepada tuhan kita sebelum dan sesudah kita Ujian.
Semoga dengan beberapa tips&trik sederhana tersebut kita dapat mengahadapi UAS dengan mudah dan dapat mengerjakannya dengan tenang tanpa ada yang perlu ditakuti.Selamat belajar teman-teman.
Read More

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PKM ini saya buat untuk menyelesaikan tugas STI saya di semester satu, dan ide ini saya dapat saat iseng duduk-duduk makan dengan 2 teman saya Wiki dan Julian di McD MT Haryono-Malang.
Selamat membaca



Gerobak Bakso Dengan Renewable Energy

Gerobak ini dirangkai atas suatu rangkaian alat yang disusun berdasarkan sistem untuk mengeifisienkan energi dari hasil kayuhan sepeda untuk disalurkan menjadi energi yang baru. Alat-alat yang bekerja dalam proses tersebut diantaranya :
a. Gerobak                                   b. Generator 3 Buah
c. Kincir Angin mini.                     d. Panel Surya
e. Element Coil                             f. Rectifier
g. Accu                                        h. Kabel

Dalam proses perakitannya kita menggunakan gerobak bakso dengan model sepeda (lihat gambar 1). Pada setiap roda atau porosnya kita pasangkan generator mini untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Pada atap gerobak kita tambahkan solar cell untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Sebagai tambahan dan aksesoris pada bagian depan gerobak kita pasang kincir angin mini, alat ini akan mengubah energi kinetik yang ditimbulkan angin menjadi energi listrik. Untuk penyimpanan energi kita menggunakan aki sebagai power saving dan kemudian dihubungkan dengan pemanas listrik.


Cara Kerja
Ketika gerobak bakso dikayuh atau dijalankan, dengan pemasang generator pada poros ban gerobak, energi kinetik yang dihasilkan akan degenerate menjadi listrik, dengan begitu tenaga kita dalam mengayuh atau menjalankan gerobak berkilo-kilo meter tidak terbuang percuma. Kemudian dengan memanfaatkan energi solar cell matahari dengan memasang solar cell pada atap gerobak. Tentunya ini akan sangat efektif karena seharian gerobak ini berjalan mengelilingi kota dan energi yg dihasilkna pastinya akan lebih efisien,, disamping itu juga ada lagi yg bisa dimanfaatkan yakni pemasang kincinr angin di depan gerobak, disamping sebagai aksesoris tentunya memasang kincir angin yang dicouple dengan generator akan menghasilkan energi yg lumayan walaupun masih kalah dibandingkan dengan solar cell dan kayuh sepeda tadi, tapi setidaknya gerobak itu kan bergerak, apabila bergerak maka kincir angin otomatis akan bergerak walau pelan, apalgi ditambah dengan adanya angin yg lumayan kencang, jadi kincir angin mini ini akan berpotensi menghasilkan energi listrik.

Kemudian, energi listrik yg tergenarate dari ketiga elemen tadi, nantinya akan disimpan dalam baterai aki, sebelumnya di searahkan dulu dengan rectifier ke dalam arus searah (DC). Energi dari ketiga elemen tadi yang sudah tersimpan di baterai, kita gunakan untuk pemanas bakso agar tetap panas dan enak. Energi ini tidak digunakan untuk memasak mulai dari awal karena membutuhkan energi yang lebih. Apabila untuk menjaga tetap panas, maka kita menggunakan elemen pemasa coil, karena elemen ini cukup untuk memanaskan dan daya yg digunakan paling maskimal yaitu 30W.
Read More

Mobil Esemka Buatan Indonesia

Mobil Esemka Buatan Indonesia - Mobil Esemka - 8 Jenis Mobil Buatan Indonesia Asli - Mobil Asli Buatan Indonesia - Mobil Buatan Indonesia Asli - Mobil Buatan Anak SMK - Mobil Buatan Siswa SMK - Mobil Buatan Anak Bangsa - Mobil Buatan Asli Indonesia - Mobil Indonesia - Proses Perakitan Mobil Kiat Esemka - Mobil Made in Indonesia

Setelah pada postingan tadi saya ulas sedikit tentang Mobil Kancil Indonesia pada lebel otomotif yang sama, kali ini saya akan mengulas lagi Mobil Esemka Buatan Indonesia. Berikut pemaparannya:

Mobil yang satu ini hebatnya justru dibuat oleh para siswa SMK. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van. Pada gambar di bawah ini merupakan Mobil Esemka SUV buatan siswa-siswa SMK 1 Singosari Malang yang dikerjakan tidak kurang dari 50 siswa SMK Singosari Malang dan menghabiskan biaya sebesar Rp. 175 Juta dalam pembangunan mobil ini. 5 jenis mobil Esemka yang lainnya dikerjakan oleh SMK-SMK lainnya. Untuk harganya anda cukup mengeluarkan uang 80 Juta saja untuk mendapatkan mobil Esemka ini.

Inilah mobil Kiat Esemka buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menjadi kebanggaan Walikota Solo, Joko Widodo. Saking bangganya, mobil buatan siswa SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta ini dijadikan sebagai mobil dinas oleh Jokowi -sapaan Joko Widodo.


Mobil ini berjenis SUV (Sport Utility Vehicle), bercat hitam. Dengan kapasitas 1.500 cc, mobil yang mesinnya diadopsi dari mobil Timor ini bisa menghasilkan kekuatan 105 tenaga kuda dengan putaran mesin 5.500 rpm.

Dari segi eksterior, mobil ini terlihat garang dan elegan. Itu berkat ada sentuhan model head lamp yang bergaya futusristik. Kesan sporty juga terlihat pada bagian grill dan fog lamp di bagian bumper.

Sedangkan di bagian interior, mobil yang memiliki kapasitas tujuh penumpang ini, dilengkapi dengan power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD, serta tak ketinggalan sensor parkir.

Semoga bermanfaat.
Read More

Google+ Badge