I Made Riko Adi Saputra. Powered by Blogger.

Tuesday, 10 January 2012

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PKM ini saya buat untuk menyelesaikan tugas STI saya di semester satu, dan ide ini saya dapat saat iseng duduk-duduk makan dengan 2 teman saya Wiki dan Julian di McD MT Haryono-Malang.
Selamat membaca



Gerobak Bakso Dengan Renewable Energy

Gerobak ini dirangkai atas suatu rangkaian alat yang disusun berdasarkan sistem untuk mengeifisienkan energi dari hasil kayuhan sepeda untuk disalurkan menjadi energi yang baru. Alat-alat yang bekerja dalam proses tersebut diantaranya :
a. Gerobak                                   b. Generator 3 Buah
c. Kincir Angin mini.                     d. Panel Surya
e. Element Coil                             f. Rectifier
g. Accu                                        h. Kabel

Dalam proses perakitannya kita menggunakan gerobak bakso dengan model sepeda (lihat gambar 1). Pada setiap roda atau porosnya kita pasangkan generator mini untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Pada atap gerobak kita tambahkan solar cell untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Sebagai tambahan dan aksesoris pada bagian depan gerobak kita pasang kincir angin mini, alat ini akan mengubah energi kinetik yang ditimbulkan angin menjadi energi listrik. Untuk penyimpanan energi kita menggunakan aki sebagai power saving dan kemudian dihubungkan dengan pemanas listrik.


Cara Kerja
Ketika gerobak bakso dikayuh atau dijalankan, dengan pemasang generator pada poros ban gerobak, energi kinetik yang dihasilkan akan degenerate menjadi listrik, dengan begitu tenaga kita dalam mengayuh atau menjalankan gerobak berkilo-kilo meter tidak terbuang percuma. Kemudian dengan memanfaatkan energi solar cell matahari dengan memasang solar cell pada atap gerobak. Tentunya ini akan sangat efektif karena seharian gerobak ini berjalan mengelilingi kota dan energi yg dihasilkna pastinya akan lebih efisien,, disamping itu juga ada lagi yg bisa dimanfaatkan yakni pemasang kincinr angin di depan gerobak, disamping sebagai aksesoris tentunya memasang kincir angin yang dicouple dengan generator akan menghasilkan energi yg lumayan walaupun masih kalah dibandingkan dengan solar cell dan kayuh sepeda tadi, tapi setidaknya gerobak itu kan bergerak, apabila bergerak maka kincir angin otomatis akan bergerak walau pelan, apalgi ditambah dengan adanya angin yg lumayan kencang, jadi kincir angin mini ini akan berpotensi menghasilkan energi listrik.

Kemudian, energi listrik yg tergenarate dari ketiga elemen tadi, nantinya akan disimpan dalam baterai aki, sebelumnya di searahkan dulu dengan rectifier ke dalam arus searah (DC). Energi dari ketiga elemen tadi yang sudah tersimpan di baterai, kita gunakan untuk pemanas bakso agar tetap panas dan enak. Energi ini tidak digunakan untuk memasak mulai dari awal karena membutuhkan energi yang lebih. Apabila untuk menjaga tetap panas, maka kita menggunakan elemen pemasa coil, karena elemen ini cukup untuk memanaskan dan daya yg digunakan paling maskimal yaitu 30W.

0 comments

Post a Comment

Google+ Badge