I Made Riko Adi Saputra. Powered by Blogger.

Wednesday, 6 June 2012

Sedikit cerita tentang HBC 2012

HBC (Hindhu’s Brahmacary Competition) merupakan sebuah acara yang dicetuskan dalam program kerja departemen PSDM Unit Aktivitas Kerohanian Hindu Dharma (UNIKAHIDHA) Universitas Brawijaya,  yakni Inaugurasi Mahasiswa Baru (Maba). Inaugurasi Maba sendiri sebenarnya ditujukan untuk dapat menjalin kebersamaan, persaudaraan, serta persatuan maba UNIKAHIDHA dalam sebuah acara yang dibuat, dirancang, serta dilaksanakan penuh oleh maba UK sendiri dengan dituntun oleh pengurus serta mahasiswa lama (mala) UNIKAHIDHA. Dengan harapan, seluruh maba dapat kompak setelah melalui suka dan duka dalam pembuatan acara tersebut.

Inaugurasi Maba dicetuskan pertama kalinya oleh Departemen PSDM 2009-2010 (dibawah kepemimpinan Putu Ghea Permana Tama) dengan mengambil nama acara HBC (Hindu’s Brahmacarya Competition) yang merupakan ide dari maba 2009 pada waktu itu. HBC pertama kali diadakan pada tahun 2010 di Kepengurusan Ni Luh Reni Martini yang bertempat di Gedung PPI-FIB UB. Saat pelaksanaan program kerja Inaugurasi yang pertama kalinya (yakni pada pengurusan 2009-2010), nama acara HBC ini tercetus dan dipatenkan serta diteruskan oleh maba tahun berikutnya dengan penambahan inovasi-inovasi serta pembenahan.

Tahun ini (2012) merupakan kali ketiga terselenggaranya acara HBC ini. Dengan ruang lingkup lebih luas yang melibatkan pasraman-pasraman yang ada di Jawa Timur. HBC 2012 mengambil Tema, “Panca Sradha : Membangun Dasar Keyakinan Kuat, Menuju Generasi Hebat”. Tema ini diambil karena kami melihat generasi muda yang sekarang sudah mulai sedikit menyimpang dari norma-norma dan aturan yang ada. Untuk itu kita perlu membangun Sradha bakti mereka untuk mencapai dan menghasilkan generasi yang lebih hebat.

Berbeda dengan HBC sebelumnya, HBC 2012  mengambil dua jenis kegiatan  lomba yang melibatkan remaja Hindu di Jawa Timur. Dua lomba tersebut yakni: Lomba Cerdas Cermat SMA se-Jawa Timur dan Lomba Menggambar SMP se-Malang Raya. Acara ini memakan persiapan yang cukup lama, mulai dari pembentukan panitia, pengkonsepan acara dan penggalian dana.

Melihat dari antusiasme peserta pada tahun ini dapat dibuktikan dengan jumlah peserta yang meningkat menjadi 20 regu yang terdiri dari 3 orang. Mereka terlihat sangat bersemangat saat mengikuti setiap sesi dalam perlombaan ini dan tentunya tetap menjunjung tinggi sportifitas. Mereka juga tidak ragu dalam mengucapkan jargon HBC 2012, “Our Believe, Our Sradha”. Tidak hanya peserta, undangan yang diundang pun sangat menikmati jalannya pembukaan acara serta perlombaan yang berlangsung. Untuk tahun ini banyak undangan penting yang menyempatkan diri untuk hadir dan memberikan sambutan dalam acara ini diantaranya, Bapak Drs. I Ketut Sudiartha S.Ag selaku ketua PHDI Jawa Timur, Ketua PHDI Kabupaten Malang, WHDI Kabupaten Malang, KMHDI Malang Raya, Pembantu Rektor 3 Universitas Brawijaya, Pembina UNIKAHIDHA, Ketua Umum UNIKAHIDHA beserta para donatur yang turut membantu menyukseskan acara ini. Para undangan pun menyambut baik diadakannya acara ini, guna menjalin silaturahmi dan membangun generasi muda Hindu yang berwawasan tinggi.

Dalam HBC 2012 ini dipilih 3 regu pemenang yang sebelumnya telah melewati sesi ketat, babak penyisihan, babak semifinal dan terakhir babak final. Keluar sebagai pemenang yakni juara I diraih oleh SMA 1 Talun (Yogi Prabawasari, Aksita Ayunareswara, Labda Karuna), juara II diraih Pasraman Santika Dharma (Oktaviana Sri Hardyanti, Firis Silvia Dwi Anggraeni, Devi Natalia), dan juara III diraih Pasraman Widya Puspita (Ida Riani, Arifki Septia Budi, Riski Widyaningsih). Untuk lomba menggambar sendiri juara pertama diraih oleh Gusti Ngurah Ade Wiraldhi dari Pasraman Giri Sastra, Juara kedua Eko Rudianto dari Pasraman Dewi Saraswati, dan ketiga diraih Sri Mardiana dari Pasraman Swadharma Loka.

Inaugurasi Maba diharapkan dapat terus dilaksanakan dari kepengurusan satu ke kepengurusan lainnya mengingat tujuan acara ini, serta keberhasilan dari pelaksanaan sebelumnya dan sekarang, dari segi kualitas acara serta kekompakan Maba yang tercipta dari Inaugurasi Maba. Saya berharap HBC dapat menjadi program kerja wajib bagi pengurus UNIKAHIDHA, melihat dari manfaat dan keberhasilan acara yang tiga tahun berturut-turut telah dilaksanakan. Semoga HBC ditahun berikutnya lebih inovatif dengan kegiatan yang lebih seru dan lebih bermanfaat, serta ruang lingkup yang diambil lebih luas tidak hanya di Jawa Timur.

0 comments

Post a Comment

Google+ Badge